Samsung Google Nexus S Sekali lagi Dari Google

Samsung Google Nexus S Sekali lagi Dari Google
Tidak terasa sejak perkenalkan beberapa tahun yang lalu, operasi sistem android telah melampaui ekspetasi dari pembuatnya yaitu Google. Setelah mengalami beberapa pembaruan versi sejak Donuts, Enclair, Froyo sekarang Ginggerbread diakui atau tidak pertumbuhan signifikan dialami oleh OS Android. Saat ini saja setiap hari 2 - 3 juta aplikasi telah didownload oleh pengguna Android diseluruh dunia bandingkan dengan  Nokia dan Iphone yang untuk mencapai angka tersebut dibutuhkan beberapa tahun. Padahal setiap harinya pertambahan aplikasi Android terus bertambah dan dapat dinikmati secara gratis sehingga tidak heran banyak pengamat menilai tidak lama lagi Android akan mengungguli OS - OS yang lain. Menyadari hal ini Google kembali membesut ponsel pintar dari generasi Nexus, yang kali ini bekerjasama dengan Samsung. Handphone yang diberi nama Samsung Google Nexus S  telah secara resmi diluncurkan bulan Desember 2010 lalu.
Kalau dulu Google mempercayakan basis kepada HTC kali ini Samsung Galaxi S sebagai basis daripada Nexus S yang telah ditanam Android 2.3 Ginggerbread sebagai sistem operasi. Untuk modelnya hampir mirip tetapi Nexus S lebih panjang sedikit dan lebih tipis dibanding Samsung Galaxy S, tepatnya 123.9 x 63 x 10.9 mm. Begitu banyak komponen dari Samsung Galaxi S yang sama dipasang pada Nexus S, dimulai dengan prosessor 1 GB Hummingbird prosessor cepat sudah dibenamkan ke Nexus S dengan memori 512 MB RAM. Spesifikasi hardware yang tinggi,jelas sangat dibutuhkan oleh pengguna Android karena dengan begitu banyak aplikasi gratisan yang ditawarkan akan banyak yang didownload dan dapat dijalankan didalam handphone. Dengan Android Ginggerbread yang sudah menutup kekurangan dari versi android terdahulu jelas pengguna serasa dalam speed yang optimal ketika menjalankan aplikasi atau game  game mobile. Kalau diperhatikan nama " S " dibelakang Nexus bukan Nexus Second atau penerus Nexus One tetapi lebih berarti " Speed " yang mencirikan kecepatan. Memang kedepan diperkirakan semua vendor akan menjadikan handset buatannya dengan balutan perangkat keras yang mengutamakan kecepatan sebagai hal utama selain keunggulan layar. Berbicara layar yang dimiliki Nexus S tidak kalah dengan ponsel pintar yang lain karena dengan layar 4" inchi berteknologi Super AMOLED mata akan serasa terpaku dengan apa yang ditampilkan. Dengan kemampuan menampilkan wilayah gelap dan kontras yang baik tampilan layar begitu dingin dimata dengan harmonisasi tampilan yang kaya warna. Dengan accelerometer, secara otomatis layar berubah menjadi mode portrait atau landscape khususnya pengetikan menggunakan mode landscape akan sangat memudahkan input tekt dan karakter dengan cepat berkat kehadiran Ginggerbread yang mengimprove kemampuan tersebut. Semua tahu bahwa layar LCD sebuah handphone sangatlah vital untuk itu Nexus S telah melapisi layar LCDnya dengan lapisan glass yang jernih yang melindungi layar dari goresan ataupun benturan. Tentu saja jangan coba - coba dijatuhkan , karena belum ada tes untuk jatuh dari ketinggian.

Untuk konektifitas data , Nexus S masih standart yang dimiliki ponsel pintar lainnya macam GPRS-EDGE , ada juga dukungan jalur cepat 3G HSDPA - HSUPA dengan range download 7.2 Mbps serta upload 5.76 Mbps. Mungkin yang membedakan adanya Giggerbread dan perangkat prosessor yang membuat lintasan data cepat secara optimal. Kalau diperhatikan Nexus S menyasar kelas premium  tetapi sayang untuk format DivX/XviD tidak didukung untuk video playernya apalagi mengharap dukungan terhadap rekanm video HD. Hal ini cukup disayangkan karena kedepan pengguna ponsel pintar pasti akan memepertimbangkan hal ini. Untung saja kamera yang dibenamkan pada Nexus S cukup menghibur dengan resolusi 5 megapiksel dilengkapi lampu kilat yang mampu menghasilkan gambar cukup memuaskan. Selain itu untuk suara yang dihasilkan speaker Nexus S bisa disandingkan dengan kualitas suara pada ponsel - ponsel pintar ternama yang lain. Terakhir seperti pendahulunya Nexus S juga dibekali kelengkapan khas macam Google Apps atau Google Maps yang sebagai alat GPS navigation pengguna diberi pilihan tampilan peta 2D atau 3D ada , juga tampilan Google Earth yang masing - masing mampu menampilkan info lokasi yang detail. Walaupun ada beberapa kekurangan tetapi nama Samsung dan Google didepan Nexus S jelas menjadi pertimbangan tersendiri untuk memiliki handphone ini. Berikut sekilas spesifikasi Nexus S


Quad-band GSM and tri-band 3G support
HSDPA, 7.2 Mbps; HSUPA, 5.76 Mbps
4.0" WVGA (480x800) Super AMOLED Contour Display with curved glass screen
Android OS, v2.3 Gingerbread
1 GHz ARM Cortex-A8 (Hummingbird) processor
16GB storage, 512 MB RAM
5 MP autofocus camera with LED flash and geotagging
Front-facing VGA camera
Wi-Fi b/g/n with DLNA
GPS with A-GPS
Portable Wi-Fi hotspot and stereo Bluetooth v2.1
Near Field Communication chip
Accelerometer, proximity and light sensors
Standard 3.5 mm audio jack
microUSB port (charging)
Adobe Flash support out of the box
Latest Google Mobile apps

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar