MSN App Nokia N97

MSN App Nokia N97 atau aplikasi MSN Messenger Nokia N97 merupakan salah satu aplikasi penting bagi Nokia untuk memberikan layanan kepada konsumen, khususnya di kalangan pengguna Nokia N97 yang sudah terbiasa menggunakan MSN Messenger.
Jika sebelumnya pengguna Nokia N97 harus lebih dulu membuka PC agar dapat berkirim pesan atau berkomunikasi, kini bisa dilakukan setiap saat dan dimana saja melalui handphonenya. MSN App Nokia N97 ini baru tersedia menjelang awal tahun 2010. Beberapa saat setelah dirilis, Nokia N97 belum bisa digunakan untuk ber-MSN, meskipun sudah dilengkapi dengan beberapa app untuk layanan sejenis.
Di pihak lain, Microsoft selaku penyelenggara MSN Windows Live Messenger  juga merasa perlu untuk memberikan kemudahan bagi para pengguna layanan yang dikelolanya itu. Solusinya adalah mendisain App atau aplikasi yang sesuai dengan handphone Nokia, semula diprioritaskan untuk Nokia N97 dan Nokia 5800 ExpressMusic yang berbasis sistem operasi Symbian S60 edisi 5.
Nokia juga bukannya tanpa pertimbangan  ketika memutuskan membeli sistem operasi terbuka itu untuk basis produknya. Sistem tersebut memungkinkan semua pihak untuk merancang berbagai App atau aplikasi-aplikasi baru seperti halnya MSN App Nokia N97 dan membaginya ke sesama pengguna Nokia yang tahu persis apa yang mereka butuhkan..
Percepatan perkembangan teknologi yang dipicu oleh ketatnya kompetisi mengakibatkan produsen dituntut untuk memenuhi kebutuhan konsumen di seluruh dunia yang cenderung berbeda-beda. Hal ini juga menimbulkan masalah cukup berat bagi divisi penelitian dan pengembangannya, maka solusinya adalah berbagai bersama dengan melibatkan pihak ketiga.
Strategi itu juga sekaligus melibatkan interaksi yang lebih intens antar sesama pengguna MSN, Nokia dan pengembang MSN App sebagai suatu komunitas yang didasarkan pada kepentingan atas suatu produk. Dampaknya adalah suatu sinergi dalam pengembangan pemasaran, dan Nokia harus mampu membangun strategi berdasarkan sinergitas tersebut.
Di segi teknologi, MSN App Nokia N97 adalah salah satu aplikasi baru. Tetapi juga merupakan pencerminan bahwa untuk memenuhi tuntutan pasar secara global diperlukan kerjasama dengan perusahaan yang bergerak di bidang terkait, entah hal itu disadari atau tidak.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 komentar:

Nur fadilah mengatakan...

kalau aplikasi msn untuk handphone symbian S60v2 ada tidak ?? Lumayan tuh... edit akun msn live via hape

Posting Komentar